Skip to main content
Berita Kegiatan

ANGER MANAGEMENT BERSAMA TIM KKT BARETA

Dibaca: 13 Oleh 10 Okt 2022Tidak ada komentar
ANGER MANAGEMENT BERSAMA TIM KKT BARETA

Senin, 10 Oktober 2022, Tim Kegiatan Kelompok Tematik (KKT) Balai Rehabilitasi BNN Tanah Merah (Bareta) memberikan kelas edukasi kepada klien yang menjalani program rehabilitasi di Bareta. Adapun tema disampaikan pada pertemuan hari ini adalah Anger Management. Bayu Setio, S.Psi dan Hifzan Dzikri, S.Kom. I selaku fasilitator KKT dalam pemaparannya menyampaikan bahwa Marah merupakan bentuk respon natural atas beberapa reaksi pemicu yang biasanya berasal dari ketidaknyamanan.

Adapun pemicu kemarahan antara lain:
1. Stress, frustrasi, dan kekecewaan;
2. Gangguan, rasa sakit hati, dan kebencian;
3. Pelecehan (abuse);
4. Ketidak-adilan (injustice or un-fairness);
5. Trauma (trauma).

Bayu Setio dalam kesempatan yang sama juga menyampaikan, bahwa Marah memiliki sisi positif seperti menunjukan sesuatu hal yang salah, misalnya untuk memberitahu atau menyadarkan seseorang bahwa ia telah menyakiti kita.

Kemarahan sendiri bisa dimanage sedemikian rupa sehingga tidak menjadi sebuah perilaku negatif dalam praktik sehari-hari. Ada beberapa teknik anger management yang dapat dipraktikan sseperti: melakukan kegiatan yang dapat mengalihkan perhatian, olahraga, self talk, teknik visualisasi, deep breathing, relaksasi, dan lain sebagainya.

KKT di Bareta rutin dilakukan oleh fasilitator yang telah ditunjuk untuk secara berkala melakukan edukasi kepada klien-klien yang menjalani program rehabilitasi di Bareta. (Humas Bareta, 2022)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel