Skip to main content

Layanan Bimbingan Jasmani dan Mental merupakan program sosial berbasis olah fisik dan spiritual. Pembina jasmani dan mental memberikan bimbingan agama dan bimbingan olahraga secara dasar yang dilayani oleh Pembina agama islam dan Kristen dan Pembina olahraga.  Program ini didesain dalam bentuk kelompok dan individu. Program Jasmani dan Mental memberikan layanan diantaranya pengetahuan agama islam, pengetahuan agama Kristen dan bimbingan jasmani.

Unit bimbingan jasmani dan mental sendiri memliki beberapa layanan dalam bidang spiritual dan jasmani individu maupun kelompok, untuk spiritual individu pokok jabatan ini  memiliki layanan konseling keagamaan, asessmen awal dan asessmen akhir. Untuk spiritual dan jasmani kelompok, pokok jabatan ini juga memiliki layanan kegiatan diantaranya:

  • Kegiatan Tahunan

Peringatan hari besar Islam (PHBI) seperti: pengajian tahun baru Islam, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW, pengajian dan shalat tarawih yang dilaksanakan setiap bulan Ramadhan, shalat Idul fitri yang dilaksanakan setiap 1 syawal dan shalat Idul Adha yang dilaksanakan setiap tangga 10 Dzulhjjah.

Peringatan hari besar besar Kristiani seperti Paskah dan Natal yang diadakan setiap tanggal 25 Desember bagi klien yang beragama Nasrani.

  • Kegiatan Bulanan

Kegiatan pengajian bulanan yang dilaksanakan oleh staf Pembina jasmani dan mental Balai Rehabilitasi BNN Tanah Merah  dengan mengundang narasumber dari luar, kegiatan ini bersifat umum untuk seluruh klien dengan mengedepankan materi umum yang menjadi permasalahan klien ketika diluar balai.

  • Kegiatan Mingguan

kegiatan mingguan termasuk shalat jumat yang dilaksanakan di masjid Ath-Thaibiin dan dihadiri oleh seluruh klien male dan Staf male, untuk pelaksanaannya sendiri staf Pembina jasmani dan mental menunjuk salah satu klien yang dianggap layak untuk bertugas menjadi petugas shalat jumat (Muadzin) dan kelas religi yang masing-masing dilaksanakan di facility dan sudah terjadwal, kegiaan ini diisi oleh staf Pembina jasmani dan mental yang bertugas sesuai jadwal dan mata pelajaran yang telah disepakati bersama.

  • Kegiatan harian

Kegiatan harian dilaksanakan oleh seluruh klien Balai Rehabilitasi BNN Tanah Merah Samarinda diantaranya ialah shalat rawatib yang menjadi kewajiban bagi yang beragama muslim, shalat rawatib sendiri dilaksanakan di masing-masing facility dan staf Pembina jasmani dan mental memberikan jadwal imam untuk klien yang dianggap mampu mengimami.

Kemudian saat ini ditahun 2022 Pembina jasmani dan mental sendiri telah isi oleh staff professional dibidangnya tentunya staf yang berlatar belakang sarjana agama / sarjana pendidikan Islam alumni UIN Sultan Aji Muhammad Idris  Kalimantan Timur untuk Pembina mental muslim, dan untuk layanan nasrani juga telah didukung oleh staf professional yang memiliki latar belakang Pendidikan Teologi dan atau Pendidikan Agama Kristen dari Sekolah Tinggi Teologi maupun Universitas Kristen di Indonesia.

 

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel