Skip to main content

Samarinda, 16 Juni 2021 – Alur Rehabilitasi BNN Tanah Merah Samarinda

Alur Rehabilitasi

 

Berdasarkan rujukan (Juklak) dari BNN RI terkait Petunjuk Pelaksanaan Pelayanan Rehabilitasi di Balai Besar/Balai dan Loka Rehabilitasi BNN menjelaskan bahwa, pada pengguna nakoba baik pengguna aktif/mandiri, profesional, penyalah guna dan atau dalam masa menunggu. Hasil putusan pengadilan dapat mengikuti program Rehabilitasi Narkoba dengan syarat dan ketentuan yang telah berlaku.

Adapun sumber yang dimaksud antara lain :

  1. Keluarga
  2. Penegak Hukum
  3. Pengadilan
  4. Rujukan

Dalam proses penerimaan calon kllien akan menjalani proses Body spot check – Pendaftaran -Pemeriksaan urin – Skrining dan Asesmen/Informed consent.

Beberapa tahapan diatas bersifat wajib dan dijalani oleh seluruh calon klien baru yang akan direhabilitasi, jika tahapan penerimaan awal selesai maka akan dilanjutkan dengan proses Monitoring Evaluasi Fisik dan Psikosial (MEFP).

Dimana dalam proses ini klien akan menjalani 2 (dua) tahapan yaitu Proses :

  1. Detoksifikasi dan
  2. Stabilisasi.

Untuk 28 hari kedepan dari penerimaan awal-MEFP dan untuk selanjutnya klien akan mendapatkan Rencana Terapi dari kami dengan berbagai bidang termasuk terapi medis dan sosial.Disini klien yang sudah menjalani proses 28 hari akan melanjutkan program ke fase Primary, dalam fase primary ini akan dibagi menjadi 2 (dua) primary dream dan chance. Untuk program fase primari klien akan menetap 2-3 Bulan dengan didampingi oleh masing-masing konselor.

Kami BARETA (Balai Rehabilitasi BNN Tanah Merah Samarinda) memiliki fasilitas rehabilitasi diantaranya :

  1. Program Rehabilitasi Dewasa Pria dan Wanita
  2. Program Rehabilitasi Remaja Pria dan Wanita

Tahapan selanjutnya masuk ke dalam Fase Re-entry dimana klien akan menjalani proses beradaftasi dan mengaplikasikan pembelajaran yang telah dijalanin di fase sebelumnya ( Primary ), untuk fase Re-Entry ini klien akan menjalani program 2-8 Bulan sesuai dengan kebutuhan klien.

Note : Klien dengan masa putusan pengadilan 12 Bulan akan dilanjutkan dengan rawat jalan di BNNK/BNNP tedekat dikota anda

Harapan dari proses Rehabilitasi ini dapat mengembalikan pola hidup yang kurang baik akibat penggunaan Narkoba, mengajarkan bahwa pemulihan Narkoba itu akan dijalani selama seumur hidup karena pulih bukan sama dengan sembuh akibat sakit dari penyakit, dukungan dari keluarga, rekan, teman dan siapapun itu dapat membantu klien dalam menjalani proses pemulihannya.

Bekal yang kami berikan kepada klien selama menjalani proses pemulihan agar dapat menjadi pribadi yang produktif, aktif, sehat, berfungsi secara sosial dan dapat memahami kemampuan serta kekurangan yang dimiliki.

Besar harapan kami untuk dapat membantu pecandu/penyalah guna Narkoba untuk dapat menjalani Program Rehabilitasi ini,

Rehabilitasi Narkoba ini GRATIS tidak dipungut biaya, karena ini merupakan Fasilitas Milik Negara.

Ayo kita dukung program pemerintah dengan membantu rekan kita yang sedang terjatuh dalam jeratan NARKOBA

Ajak mereka untuk Rehabilitasi Narkoba.

Perangi sekarang juga bersama BNN.

#yukrehab

#warondrugs

#hidup100persen

#indonesiabersinar

#indonesiabebasnarkoba

#milenialsehat

#milenialcerdas

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel